Cara Menghubungkan Database dengan Java Netbeans 8.2 Menggunakan JDBC

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan saya mengenai bagaimana cara menghubungkan database dengan java netbeans 8.2 menggunakan JDBC dengan gambar beserta sedikit penjelasannya.

Sebelum kita membahas pada topik yang akan kita bahas kali ini, ada beberapa yang perlu disiapkan dahulu untuk menghubungkan database dengan java netbeans 8.2 menggunakan JDBC. Yang pertama kita tentu Anda harus install netbeansnya terlebih dahulu kemudian yang dua anda harus install untuk databasenya, disini saya menggunakan XAMPP MySQL untuk databasenya, Anda dapat menyesuaikan sesuai dengan aplikasi database yang biasa anda gunakan atau jika Anda belum ada aplikasinya saya sarankan anda untuk menggunakan XAMPP agar sesuai dengan tutorial yang akan saya buat kali ini. XAMPP ini merupakan aplikasi yang gratis, jika Anda ingin mendownload aplikasi XAMPP maka anda dapat mendownload langsung diwebsite resminya.

Jika Anda telah memenuhi syarat diatas maka kita dapat kembali pada topik yang akan kita bahas yaitu mengenai bagaimana cara menghubungkan database dengan java netbeans 8.2 menggunakan JDBC. berikut merupakan langkah-langkah penjelasan berserta gambarnya :

pertama-tama buka aplikasi Netbeans 8.2 yang telah Anda install dan tunggu proses loading.

Setelah aplikasi Netbeans terbuka kemudian klik menu File dan kemudian pilih New Project atau Anda bisa menggunakan cara kedua yaitu dengan cara Ctrl+Shift+N maka setelah itu akan muncul seperti gambar dibawah ini.

 

setelah muncul tampilan Choose Project seperti gambar dibawah maka pilih kategori Java dan pilih Java Application dan klik Next.

Setelah muncul tampilan Name and Location seperti gambar diatas maka Anda akan disediakan form untuk mengisi Project Name dan Project Location. Anda dapat mengisi project name dan project location sesuai yang anda inginkan, kemudian disini saya unceklis untuk Create Main Class dengan bertujuan agar tidak membuat main class secara otomatis karena kita akan membuat secara manual dan setelah itu klik Finish.

Setelah membuat project seperti diatas maka langkah selanjutnya yaitu import library JDBC karena kita akan menghubungkan project kita dengan database melalui JDBC. Untuk caranya anda klik kanan pada folder Libraries kemudian pilih Add Library, untuk lebih jelas lihat gambar dibawah ini.

Setelah itu akan muncul tampilan menu Add Library maka dapat anda scroll kebawah dan pilih MySQL JDBC Driver kemudian klik add library, untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah.

Setelah menambahkan library MySQL JDBC Driver pastikan library tersebut ada dalam folder Libraries, untuk lebih jelasnya dapat dilihat gambar yang dibawah ini.

Setelah selesai menambah Library MySQL JDBC Driver maka tahap selanjutnya yaitu membuat 2 package yang terdiri dari package sesi1 untuk menampung formMain dan package koneksi untuk menampung class koneksiDB. Buatlah seperti gambar dibawah ini.

Setelah selesai membuat package dan class seperi gambar diatas maka tahap selanjutnya yaitu membuat kode untuk menghubungkan database dengan project kita menggunakan JDBC. Buka file koneksiDB.java yang telah kita buat pada package koneksi kemudian untuk kodenya silahkan salin kode yang ada pada gambar dibawah ini.

Kemudian setelah itu buka file formMain.java yang telah kita buat pada package sesi1, klik menu source nya untuk beralih ke halaman source codenya. Untuk kodenya silahkan lihat gambar dibawah ini.

Setelah selesai menyalin kode diatas silahkan Anda coba run, bisa dengan cara tekan Shift+F6. Jika tidak ada permasalahan yang muncul maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.

Ok sekian pada postingan cara menghubungkan database dengan Java menggunakan Netbeans 8.2 menggunakan JDBCi, mohon maaf jika masih banyak kekurangan. Terima kasih dan sampai jumpa dipostingan selanjutnya.

 

Leave a Comment