merubah flashdisk menjadi gaming center
Komputer

Cara Merubah Flashdisk Menjadi Gaming Center

Pada tutorial kali ini saya akan share kepada kalian bagaimana cara membuat portable gaming system dengan menggunakan Flasdisk. Tools yang akan kita gunakan untuk membuat bootable ini adalah Batocera.

Mungkin anda sudah mendengar atau bahkan menggunakna tools ini. Tetapi untuk kalian yang belum tau apa itu batosera sebenarnya batosera merupakan satu distribusi linux yang bisa menjalankan bebagai macam game retro atau game-game jaman dulu.

merubah flashdisk menjadi gaming center

Batocera ini bisa digunakan pada berbagai device. Kalian bisa pasang di flash disk, SD Card, harddisk, dilaptop atau di PC. Selain itu bisa dipasang raspberry, atau bahkan STB. Untuk artikel ini yang akan dibahas adalah acara membuat gaming station dengan menggunakna flasdisk.

 

Apa itui Batocera ?
Download Bahan Bahanya
Setting Boot Priority
Booting ke Batocera
Cara Menambah Gamenya & BIOS
Setting Wifi
Cara Menambah Game & BIOS Wireless
Setting TEMA & GAME PAD
Gameplay

 

Bahan yang diperlukan untuk membuat game station pada flashdisk

Ada beberapa bahan yang harus kalian siapkan untuk instal pada flasdisk supaya menjadi gaming center brikut ini.

  1. Image batocera https://bit.ly/3hMLvhx
  2. Balena etcher https://bit.ly/3IZaJFd
  3. Bios batocera https://bit.ly/3vMx0lZ
  4. ROMs Game https://bit.ly/3HRNMCG

Download image batocera

Yang pertama adalah kita harus download dulu image batocera pada wesite resminya. Buka browser andalan kalian kemudian masuk website batocera.org kemudian download image batocera dengan memilih tombol get batocera.linux 33.

Setelah itu pilih device yang akan kalian gunakan. Pada halaman ini akan banyak daftar device yang bisa kalian gunakan untuk instal batocera.

Karena pada tutorial ini akan menggunakan flasdisk dan akan digunakan pada computer 64bit, maka kit apilih x64. Silahkan klik untuk memulai download imag edari batocera ini.

Untuk bahan kedua kita memerlukan aplikasi untuk flashing file image dari batoceranya. Untuk aplikasi ini kalian bisa menggunakan rufus, balena etcher ataupun yang lainnya sesuai dengan yang biasa kalian gunakan. Tetapi karena rekomendasi dari batoceranya menggunakan balena etcher, maka kita pilih balena etcher. Silahkan masuk ke website balena etcher kemudian silahkan download aplikasinya.

Bahan yang ketiga adalah file bios dari batocera. Karena kita menggunakna batocera 33 maka silahkan download file bios batocera 33. Silahkan download file zipnya.

Kemudian yang terakhir yang kalian butuhkan adalah file roms dari game yang akan kalian mainkan. Banyak sekali game yang support dengan batocera ini. Untuk lengkapnya kalian bisa mengeceknya game-game yang support dengan batocera ini pada link di atas.

Flashing Batocera ke Flashdisk

Setelah semua bahan kalian download langkah selajutnya adalah flashing batocera ke flashdisk. Silahkan simak caranya berikut ini.

  • Instal balena etcher pada laptop atau pc kalian
  • Ekstrak file image batoceraP
  • Colokan flashdisk yang akan dijadikan bootable batocera ke laptop atau PC
  • Buka aplikasi balena Etcher kemudian¬† kemudian pilih file image yang sudah kalian ekstrak tadi, pilih open, pilih change kemudian pilih flaskdisk. Pastikan file-file yang ada pada flashdisk sudah diamankan terlebih dahulu karena nanti flashdisk akan terformat, pilih select kemudian pilih flash, tunggu proses sampai selesai.
  • Kalau ada peringatan format silahkan close saja jangan diformat.

Cabut flashdisk kemudian colokan lagi ke laptop atau pc kalian. Nanti akan muncul drive batoceranya sekitar 6 Gb.

Kembali lagi ke folder bahan yang sudah kita download

Ekstrak file bios

Sekarang kita sudah siap booting ke batocera. Untuk file bios dan rom game akan kita masukan ke batocera setelah kita booting ke batocera terlebih dahulu.

Silahkan restart Pc kemudian masuk bios. Untuk masuk ke bios bebeda-beda tergantung tipe laptop atau motherboard PC kalian. Setelah masuk ke menu bios, silahkan pilih boot priority ke flashdisk kalian. Selain itu matikan juga secure boot pada laptop kalian melalui bios. Jika sudah selesai silakan restart PC kalian.

Inilah tampilan batocera pada saat kita masuk ke batocera. Setelah masuk batocera selanjutnya kita masukan file bios dan file rom image yang akan kita mainkan.

Untuk memasukan file bios dan rom game yaitu dengan masuk ke file manager, caranya tekan f1 pada keyboard maka nanti akan masuk file manager. Setelah masuk ke file manager silahkan masukan file bios dan rom ke folder bios dan rom.

Leave a Reply

Your email address will not be published.